Kamis, 30 Juni 2011

Makanan Bergizi Buat Ibu Menyusui

Menjadi seorang ibu adalah kodrat wanita. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh ibu baru untuh buah hatinya adalah memberikan ASI eksklusif pada bayinya.Untuk memenuhi gizi si ibu dan buah hati maka ibu harus mengkonsumsi makanan yang sehat,supaya Ibu yang lagi menyusui mempunyai stamina maksimal dan menjadi ibu yang terbaik buat buah hati. Berikut beberapa makanan yang memberikan energi pada ibu menyusui.

1. Salmon
Salah satu makanan terbaik untuk ASI. Kaya asam lemak DHA yang penting untuk perkembangan sel syaraf bayi. Kandungan merkuri dalam salmon juga diketahui paling rendah dibanding ikan lain.
2. Produk Susu Rendah Lemak
Produk susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik dan sebagai tambahan protein, vitamin B, dan vitamin D. Ibu menyusui sebaiknya mengomsumsi setidaknya tiga sajian produk susu tiap hari.
3. Daging Sapi tanpa lemak
Mengandung banyak zat besi, protein dan vitamin B-12
4. Kacang-kacangan
Terutama yang berwarna gelap. Kacang merah sangat kaya zat besi dan sumber protein nabati.

5. Blueberry
Blueberry kaya antioksidan. Kandungan vitamin dan mineralnya akan menambah asupan karbohidrat untuk menjaga tingkat energi ibu.
6. Jeruk
Ibu menyusui memerlukan lebih banyak vitamin C dabanding ibu hamil. Minumlah jus jeruk di sela-sela aktivitasnya untuk mendapatkan manfaat vitamin C dan juga meningkatkan kalsium.
7. Telur
Kuning telur adalah sumber alami vitamin D dan zat gizi yang sangat penting untuk tulang ibu dan pertumbuhan tulang bayi. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian, sajikan telur dalam berbagai bentuk, seperti orak-arik, telur rebus dengan salad, atau omelet dengan salad.
8. Roti Gandum
Roti gandum bagus untuk ibu setelah melahirkan karena mengandung serat dan zat besi.
9. Sayuran hijau
Bayam dan brokoli mengandung Vitamin A yang dibutuhkan bayi dalam ASI
10. Air
Ibu menyusui berpotensi mengalami dehidrasi. Untuk menjaga energi dan membuat produksi ASI meningkat, pastikan anda meminum delapan gelas air putih setiap harinya.